Artikel Tentang Kesehatan, Tips dan Info Kesehatan

INFORMASI DAN GEJALA KANKER PARU-PARU


informasi dan gejala kanker paru-paruKanker paru-paru adalah salah satu bentuk yang paling umum dari penyakit kanker. Ini adalah salah satu penyebab kematian paling banyak di dunia. Selain dari kanker paru-paru, sebenarnya masih ada banyak jenis kanker lainnya yang tidak kalah berbahaya dari kanker paru-paru, namun kanker paru-paru adalah salah satu kanker yang banyak terjadi pada manusia dan harus anda ketahui apa saja tentang penyakit ini.

Dalam kasus kanker paru-paru, gejala tidak terdeteksi dini. Seseorang dikatakan menderita kanker paru-paru ketika pertumbuhan sel kanker ganas terdeteksi dalam paru-paru. Ada beberapa tahap kanker paru, diantaranya adalah tahap awal, tahap ke dua dan tahap lanjutan.

Saat ini, ada sejumlah besar informasi tentang kanker paru-paru yang tersedia. Pasien atau keluarga pasien dapat mengakses informasi melalui Internet yang memiliki akses tak terbatas. Penyebab, gejala, diagnosis, pengobatan kanker paru-paru harus anda ketahui demi untuk menjaga kesehatan tubuh supaya tetap sehat.

informasi dan gejala kanker paru-paru

Pengobatan kanker paru-paru bukan hal yang mudah untuk dilakukan, karena biaya medis, rumah sakit, dan lain-lainnya cukup besar. Namun, saat ini dengan ketersediaan asuransi, pengobatan bisa lebih mudah dan sebaiknya anda menggunakan asuransi kesehatan mulai dari sekarang, baik itu dari perusahaan tertentu yang anda ketahui atau dari asuransi yang disediakan oleh pemerintah.

Jenis Kanker Paru bisa di bedakan menjadi dua jenis, pertama jenis kanker paru-paru sel kecil dan yang kedua adalah kanker paru-paru sel besar atau ganas. Namun, selain kanker kecil atau besar ada satu lagi jenis kanker paru-paru, yaitu kanker campuran sel kecil dan besar. Dalam tipe ini bisa ditemukan kedua sel kanker dalam satu jaringan sel.

Apa penyebab kanker paru-paru?


Penyebab utama kanker paru-paru adalah paparan tembakau, terutama melalui rokok. Sekitar 80% dari pasien kanker paru-paru adalah perokok. Perokok rentan terhadap kanker ini dan begitu juga sebagai orang yang menghirup asap dari rokok tersebut, mereka juga memiliki kemungkinan terkena kanker ini jauh lebih banyak dibandingkan dengan perokok aslinya.

Perokok pasif memiliki kesempatan tinggi tertular kanker paru-paru. Kemungkinan perokok pasif terjangkit kanker paru-paru 30% lebih tinggi daripada orang yang tidak menghisap asap baik secara aktif maupun pasif.

Merokok bukanlah satu-satunya penyebab kanker paru-paru. Berikut ini adalah beberapa penyebab kanker paru-paru

1.Polusi udara
2.Menghirup serat asbes
3.Paparan zat radioaktif yang dibentuk oleh uranium
4.Menghirup asap ganja dengan merokok
5.Paparan di daerah dada atau terapi radiasi selama pengobatan kanker
6.Diet yang tidak sehat.

Kombinasi paparan tembakau bersama dengan salah satu penyebab ini meningkatkan kemungkinan kanker paru-paru.

Gejala Kanker Paru- Paru
1.Batuk persisten
2.Ludah berwarna merah atau coklat
3.Susah bernapas
4.Kehilangan nafsu makan

Pengobatan kanker biasanya sama dengan pilihan pengobatan kanker prostat atau pilihan pengobatan kanker usus besar. Pilihan pengobatan kanker paru-paru adalah bedah, terapi radiasi, kemoterapi.
Tag : kesehatan
Back To Top