Artikel Tentang Kesehatan, Tips dan Info Kesehatan

PENYEBAB DAN GEJALA PENYAKIT MALARIA


Malaria adalah suatu penyakit yang disebabkan nyamuk Anopheles, dan di beberapa negara, malaria merupakan penyebab utama banyak kematian.
penyebab penyakit malaria

Lalu apa sebenarnya yang menyebabkan malaria?

Malaria merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk, akan tetapi pada dasarnya nyamuk tersebut bukanlah penyebab utama penyebaran malaria, tetapi parasit yang menggunakan nyamuk tersebut mentransfer virus ke orang lain. Jadi intinya malaria bisa disebut juga sebagai penyakit menular, yang ditularkan melalui parasite yang ada di dalam nyamuk, bukan di tularkan oleh manusia ke manusia.

Apa saja gejala malaria?

gejala penyakit malaria

Gejala yang timbul dari gigitan nyamuk malaria bisa bermacam-macam dan itu tergantung dari kekebalan tubuh manusia itu sendiri. Ada yang langsung bereaksi dengan berbagai gejalanya saat itu juga ada juga yang bisa bereaksi 1 bulan setelah dia terkena virus nyamuk malaria.

Gejala Penyakit Malaria


Jika anda belum tahu apa saja gejala penyakit malaria, di bawah ini ada beberapa gejala atau ciri-ciri yang harus anda ketahui:

1. Sakit kepala
Ya biasanya orang yang terkena malaria gejala awalnya adalah sakit kepala bahkan sakit kepala yang tidak biasa. Gejala ini memang tidak selalu mengacu pada malaria, tapi jika anda sering mengalami sakit kepala dan juga beberapa gejala lainnya yang akan dibahas di sini sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter dengan segera.

2. Anemia
Orang yang terkena penyakit malaria sangat rentan dengan anemia. Dia mudah lelah dan tidak bisa melakukan kegiatan dalam waktu yang lama. Dia membutuhkan banyak istirahat untuk memulihkan tenaganya kembali setelah dia mulai kelelahan dan inilah salah satu gejala dari malaria.

3. Pusing
Tidak berbeda jauh dengan sakit kepala, malaria juga membuat orang yang terkena penyakit ini mengalami pusing bahkan tidak bisa melakukan aktifitas seperti biasanya. Pusing yang dirasakan tidak biasanya, hampir bisa dipastikan bahwa pusing ini membuat orang tidak akan bisa bangun karena rasa tujuh keliling yang amat sangat.

4. Berkeringat
Tubuh lebih mudah berkeringat dan dalam jumlah yang cukup banyak, jika anda mengalami ini dan merasa bahwa ini tidak biasa segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

5. Demam
Gejala ini cukup umum bahkan bisa menjadi salah satu gejala penyakit lainnya, namun untuk penderita malaria, biasanya demam juga disertai dengan perasaan dingin atau panas dingin. Suhu badan akan mencapai hingga 40 derajat celcius.

6. Mual dan muntah
Selain sakit kepala, demam dan berkeringat, mual dan muntah juga umum sebagai tanda gejala malaria. Rasa pusing yang melanda menjadi penyebab terjadinya mual dan muntah.

Dengan gejala yang ada di atas, hal pertama yang harus anda lakukan adalah mencari obat terdekat dan bisa dengan mudah anda konsumsi untuk menghentikan serangan malaria. Sebenarnya, malaria bisa dicegah, tapi cara untuk mencegahnya bisa berbeda-beda.

Obat merupakan cara lain untuk mencegah penyakit ini. Untuk pencegahan pribadi, individu harus menghindari daerah-daerah yang rentan dengan malaria atau daerah yang banyak penderita malaria. Selain itu, selalu menjaga kebersihan lingkungan dan membuang sampah pada waktu yang tepat adalah pilihan yang cerdas untuk menghindari malaria.

Bila terlihat adanya gejala penyakit malaria seperti di atas dan berkelanjutan, segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan penyebab gangguan kesehatan tersebut jangan tunggu sampai menjadi lebih parah.
Tag : kesehatan
Back To Top