Artikel Tentang Kesehatan, Tips dan Info Kesehatan

CIRI-CIRI PENYAKIT ASAM URAT DAN MAKANAN PANTANGAN


Ciri-ciri penyakit asam urat dan makanan pantangan ~ Pernah tidak merasakan penyakit Asam Urat ? Jika jawaban Anda belum pernah berarti kesehatan Anda sangatlah bagus, tetapi jangan sampai merasakannya dan keadaan sudah terlambat untuk mengantisipasi   Setidaknya Anda perlu tahu seperti apa ciri-ciri penyakit asam urat yang datang menyerang.

ciri-ciri penyakit asam urat
Gejala asam urat atau ciri-ciri asam urat yang akan menimpa kita perlu diketahu sejak awal agar kita bisa bertindak lebih cepat, lebih tepat untuk mengatasi asam urat jangan sampai lanjut ke tahap yang kronis. Jika sudah dalam tahapan kronis penanganan untuk mengatasi asam urat tentu akan lebih sulit lagi.

Dengan mengetahu ciri-ciri penyakit asam urat tentu akan memberikan kita semacam warning sebagai alat pendeteksi sedini mungkin sehingga memudahkan kita dalam upaya mengatasi asam urat tersebut. Cici asam urat dapat kita rasakan sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya cek medis, laboratorium.

Oleh karena itu saya akan jelaskan ciri-ciri penyakit asam urat agar Anda dapat mendeteksinya sendiri sedini mungkin , antara lain :

Ciri-ciri Asam Urat


> Sering merasakan nyeri pada persendian
> Sering kali merasakan sakit pada sendi beberapa hari, kemudian menghilang
> Terkadang jika sedang kumat, rasa sakit akan membuat sulit untuk berjalan
> Sering merasa kesemutan pada sendi
> Rasa sakit atau nyeri umumnya pada malam hari atau saat bangun tidur
> Rasa sakit sering kali pada bagian telapak kaki, lutut, pergelangan kaki, pergelangan tangan, sikut maupun punggung.

Salah satu kebiasaan buruk yang menjadi penyebab asam urat adalah tidak sadarnya kita mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin yang tinggi. Baca daftar makanan berkadar purin tinggi untuk mendapatkan informasi kadar penyebab asam uratnya. Sehingga Anda dapat menghindari makanan tersebut atau paling tidak menguranginya sebagai upaya antisipasi awal terhadap serangan asam urat.

Penyakit asam urat terbagi atas 3 tahap penyerangan :


> Tahap 1
Merupakan tahap yang tidak disadari si penderita, karena tidak ditimbulkannya gejala awal asam urat. Pada tahap ini deteksi adanya asam urat hanya bisa didapatkan melalui tes darah yang melakukan pengukuran jumlah asam urat yang terdapat di dalam darah. Kadar normal asam urat untuk seorang pria adalah berkisar 3-7 mg/dl, dan untuk wanita berkisar 2,6 - 6 mg/dl. Tahap ini biasanya disebut Hiperurikemia Asimtomatik

> Tahap 2
Tahap yang kedua ini merupakan kelanjutan rangkaian proses tahap pertama. pada tahapan ini terjadi adanya penumpukan kristal natrium pada persendian yang akan menyebabkan rasa nyeri pada malam hari saat sedang tidur. Tahap inipun mengalami variasi rasa sakit mulai dari rasa nyeri hingga rasa sakit yang luar biasa hingga tidak bisa disentuh, juga dapat mengalami gejala sistemik seperti demam tinggi hingga mengigil. Meski demikian rasa sakit seperti itu akan menghilang dengan sendiri dalam kurun waktu 3 hingga 10 hari.Tahap ini biasanya disebut serangan Gout Akut.

Jika pada tahapan ini tidak segera diobati atau tidak ditindaklanjuti maka kemungkinan akan terjadi serangan yang lebih kritis lagi yang akan berlangsung dari 6 bulan hingga 2 tahunan. Jadi jangan meremehkan tahapan yang satu ini karena secara klinis tidak akan terdeteksi aktif tetapi masih ada dan akan berkembang hingga tahapan yang lebih bahaya lagi.

> Tahap 3
Tahap ini biasanya disebut Gout tingkat lanjut, Pada tahap ini terjadi penumpukan kristal asam urat pada jaringan lunak yang akan merusak jaringan lunak yang berada pada sikut, lutut, jari kaki. Bila tahap kedua sudah tidak tertangani dengan baik, maka asam urat yang menyerang menjadi akan lebih parah dan efeknya sudah sangat luas. Misalnya persendian sulit untuk digerakkan (kaku), nyeri terus-menerus, bisa mengalami luka pada bagian sakit bahkan menyebabkan ginjal menjadi disfungsi.

wow.. mengerikan juga kan ??

Nah untuk itu jagalah kesehatan tubuh Anda dengan memperhatikan dan menjalankan pola hidup sehat, Jika sudah terdapat ciri-ciri penyakit asam urat seperti di atas maka ada baiknya Anda menghindari makanan yang akan menambah rasa sakit menjadi semakin bertambah yaitu :

Makanan Pantangan Bagi Penderita Asam Urat


>  Kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong, daun pepaya, kangkung
>  Keju, telur, krim, es krim, kaldu atau kuah daging yang kental
>  Buah-buahan tertentu seperti durian, nanas, air kelapa
>  Makanan yang digoreng atau bersantan atau dimasak dengan menggunakan margarin/mentega
>  Makanan kaya protein dan lemak
>  Jeroan: ginjal, limpa, babat, usus, hati, paru, otak
>  Seafood: udang, cumi-cumi, sotong, kerang, remis, tiram, kepiting, ikan teri, ikan sarden
>  Ekstrak daging seperti abon, dendeng
>  Makanan yang sudah dikalengkan (contoh: kornet sapi, sarden)
>  Daging kambing, daging sapi, daging kuda
>  Bebek, angsa, kalkun
> Kacang-kacangan: kacang kedelai (termasuk hasil olahan seperti tempe, tauco, oncom, susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau, tauge, melinjo, emping

Hmmm..... yang enak-enak tuh yaa....!!!

Nah , itulah ciri-ciri penyakit asam urat yang mungkin saja datang secara diam-diam untuk menyerang tanpa kita sadari. Jika sudah terdapat ciri-cirinya maka secepatnya lakukan pencegahan dengan pola hidup yang lebih sehat misalnya dengan berolah-raga rutin, diet teratur. Tetapi jangan sampai Anda melakukannya dengan cara yang terburu-buru sehingga kondisi mental menjadi lebih tertekan apalagi hingga stress.
Semoga bermanfaat..., salam
Tag : kesehatan
Back To Top