Artikel Tentang Kesehatan, Tips dan Info Kesehatan

PENYEBAB PENYAKIT MIGRAIN DAN GEJALA MIGRAIN


penyebab penyakit migrain dan gejala migrain
Penyebab migrain dan gejala migrain ~ Migrain adalah sakit kepala yang timbul pada sebagian atau seluruh kepala yang datang dengan tiba-tiba. Penyebab migrain sangatlah beragam, bisa dari makanan maupun dari lingkungan yang mempunyai efek yang berbeda pula pada setiap orang. Bahkan makanan atau minuman yang memberikan efek sakit belum tentu juga menjadi penyebab bagi penyandang yang lain.

Gejala migrain yang umum terjadi adalah penglihatan yang mulai kabur, saraf disekitar leher sering tegang, tidur tidaklah nyenyak, emosi sering meledak-ledak.

Penyebab migrain yang sering dialami berasal dari berbagai macam, berikut adalah penjelasannya :

1. Dari Makanan

Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa memicu migrain diantaranya adalah :

  •     Keju matang
  •     Cokelat
  •     Alkohol
  •     Kafein
  •     Makanan yang diasinkan, diasamkan atau difermentasikan
  •     Kacang-kacangan dan selai kacang
  •     Kismis, pepaya, plum merah
  •     Buah-buahan beraroma sitrus

2. Dari Lingkungan
Bagi sebagian orang lingkungan juga akan menjadi pemicu timbulnya migrain, contohnya saja bau minyak angin , parfum yang secara tidak sengaja tercium pada tempat keramaian, misalnya di dalam bus. Contoh lain adalah saat melihat sinar yang amat terang (misalnya sinar matahari) juga akan menjadi pemicu migrain.

3. Stress
Nah, kalau yang satu ini sebenarnya sudah terkategori sangat umum terjadi, hampir setiap penderita selalu mengalami kelonjakan tingkat emosi yang sangat responsive, oleh karena itu sebaiknya saat kita mengetahui ada yang sedang migrain sebaiknya menjauh dan tidak memancing penderita yang sedang tidak stabil emosinya.

4. Suasana Hati Yang Buruk
Saat seorang sedang mengalami gelisah, sedih, khawatir yang berlebihan merupakan suasana yang sangat rentan memicu terjadinya pelepasan hormon tertentu yang akan memicu migrain  Ada penelitian yang menyebutkan bahwa rasa lega setelah melepas kepenatan yang sangat berlarut juga akan memicu terjadinya migrain, hal umumnya terjadi pada pegawai yang sibuk bekerja selama sepekan.

5. Kurang Tidur
Salah satu penyebab migrain adalah saat istirahat yang sangat kurang, mata dan pikiran yang telah lelah bekerja sangatlah memerlukan waktu untuk merenggangkan otot-ototnya, karena tidur yang tidak mencukupi maka proses peregagan otot tidaklah maksimal sehingga proses aliran oksigen dalam darah tidaklah menjadi lancar dan memicu terjadinya migrain.

6. Menstruasi

Bagi sebagian wanita, Siklus menstruasi juga merupakan penyebab utama sakit kepala termasuk migrain. Penyakita seperti itu kerap terjadi saat haid, atau beberapa hari sebelumnya. Menurunnya kadar esterogen pada masa-masa tersebut diduga merupakan pemicu utamanya. hal yang sama juga dialami oleh perempuan menjelang masa menopause.

Nah, demikianlah penyebab migrain dan gejala migrain yang secara umum terjadi di sekitar kita, jika terjadi hal demikian sebaiknya cepat lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengatasinya agar tidak berkelanjutan. Semoga bermanfaat.

Tag : kesehatan
Back To Top