Artikel Tentang Kesehatan, Tips dan Info Kesehatan

CARA MENGATASI INSOMNIA (SUSAH TIDUR)


cara mengatasi insomnia (susah tidur)

Cara Mengatasi Insomnia ~ Seperti yang kita tahu bahwa tidur merupakan cara istirahat yang paling baik untuk mengembalikan stamina yang sudah lelah dalam beraktifitas. Tanpa tidur tubuh tidak akan mendapatkan rasa fresh dan tentunya akan mengganggu aktfitas selanjutnya bahkan mengundang segala macam penyakit.
Tapi bagaimana halnya jika terjadi insomnia ( susah tidur ) ? Yang sudah pasti adalah rasa kesal yang harus kita hadapi dan keesokan harinya akan mendapatkan tubuh yang lelah dan kantuk yang melanda.

Nah untuk itu , Ada beberapa tips beikut ini yang patut Anda coba bila sedang dilanda insomnia :

1. Redupkan Cahaya
Upayakan tidak ada cahaya terang yang langsung mengarah ke tempat tidur, kalaupun Anda tidak biasa tidur dalam keadaan gelap, ada baiknya redupkan saja cahaya yang ada diruangan tidur, karena cahaya yang terang akan membantu menghasilkan panas yang juga akan mengganggu tidur

2. Matikan Tv
Membiarkan televisi dalam keadaan hidup (ON) tentu akan memberikan sinyal ke otak yang akan membantu merangsang mata kita untuk tetap beraktifitas. Oleh karena itu ada baiknya jika TV dimatikan saja, sehingga Anda akan lebih rileks lagi.

3. Hindari kopi
Kopi merupakan minuman nikmat yang biasa dikonsumsi pada pagi hari maupun siang hari bagi sebagian orang, Tetapi jika minum kopi menjelang tidur akan tidak baik bagi Anda karena mengandung kafein yang tentunya akan ikut membantu pacu jantung. Sehingga kondisi rileks menjelang tidur akan sulit untuk didapati. Oleh karena itu 5 jam menjelang tidur sebaiknya tidak mengkonsumsinya. 

4. Menetralisir Kebisingan Suara
Bagaimana bisa tidur jika ada saja suara yang mengganggu kenyamanan Anda, misalnya saja suara detak jam dinding, suara tetesan air, suara kendaraan ataupun suara anjing yang menggonggong. Jadi jika tidak bisa menghentikan suara tersebut, Anda bisa menetralisirnya dengan cara memutar lagu kesayangan dengan alunan suara pelahan ataupun Anda bisa menggunakan penyumbat telingan.

5. Olahraga
Olahraga sangatlah penting untuk kebugaran tetapi olahraga juga memberikan efek pada kualitas tidur menjadi lebih baik, .Energi yang dikeluarkan pada saat berolahraga dapat memberikan efek lelah sehingga Anda akan terkuras dan terpacu untuk tidur lebih lelap, ingat olahraga dilakukan adalah olahraga ringan sekitar 3-4 jam menjelang tidur, jangan melakukannya di bawah 1 jam yang tentunya akan membuat Anda lebih terjaga dari jadwal tidur.

6. Hilangkan rasa lapar
Rasa lapar tentu akan memberikan kegelisahan yang akan menghambat tidur, oleh karena itu jika merasa lapar ada baiknya jangan dipaksakan untuk tidur, bangunlah terlebih dahulu, kemudian isi perut seadanya saja jangan terlalu kenyang.  Oleh karena itu upayakan jadwal makan malam yang efektif agar rasa lapar menjelang tidur tidak akan terulang lagi.

7. Relaksasi pikiran
Jika emosi ataupun rasa stress yang melanda yang menjadi penyebab insomnia maka upayakan pikiran Anda rileks, misalnya membaca majalah, membaca koran, browsing internet, mendengarkan musik,  mandi air hangat ataupun berbagi cerita dengan teman atau pasangan tidur Anda sehingga rasa emosi dan stres akan menjadi berkurang.

8. Posisi tidur
Periksa posisi tidur Anda apakah sudah nyaman, misalnya kepala tidak terlalu tinggi, leher tidak rileks, kaki menggantung dan lain sebagainya. Pergunakan bantal atau guling sebagai teman tidur atau difungsikan untuk mengajal kaki sehingga menambah kenyamanan posisi tidur.

9. Udara kamar
Upayakan  kamar memiliki ventilasi udara yang baik, ada pertukaran hawa kamar untuk mengurangi suasana pengap yang sudah pasti mengganggu tidur Anda, Solusi lainya adalah pergunakan kipas angin , AC ataupun hexaust yang sangat baik untuk sistem pertukaran udara ruangan.

10. Segera Konsultasi ke Dokter
Pergunakan tips di atas untuk mengatasi insomnia  jika masih dalam kategori ringan, Tetapi jika tips diatas tidak dapat mengatasinya ada baiknya segeralah mengunjungi dokter untuk berkonsultasi dan mengetahui apa penyebab insomnia pada Anda.

Demikianlah cara mengatasi insomnia (susah tidur) , semoga dapat memberikan manfaat. Salam sukses
Tag : kesehatan
Back To Top