Artikel Tentang Kesehatan, Tips dan Info Kesehatan

Manfaat Minum Kopi Yang Berlebihan


kopi

Minum kopi yang berlebihan, seperti yang dilansir oleh livestrong.com, dapat meningkatkan hormon stres kortisol dan juga membuat kita kecanduan kafein. Namun, minum kopi bisa juga memberi Anda banyak manfaat, tentunya Anda harus dapat membatasi kandungan gula dan krimnya. Manfaat yang dimaksud adalah :

Mencegah Batu Empedu
Peneliti di Harvard pada tahun 2002 menemukan bahwa wanita yang banyak minum kopi yaitu sekitar empat cangkir sehari berisiko 25 persen lebih rendah terkena penyakit batu empedu.

Mencegah Depresi
Wanita yang minum tiga cangkir kopi setiap hari memiliki risiko 15 persen lebih rendah terkena gangguan depresi. Temuan ini berdasarkan pada laporan pada tahun 2011 di "Archives of Internal Medicine".

Meningkatkan Daya Ingat
Kopi bisa membantu Anda meningkatkan daya ingat Anda. Pada tahun 2005, sebuah penelitian di Radiological Society of North America menunjukkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi minuman kopi bisa meningkatkan daya ingat jangka pendek.

Mencegah Kanker Payudara
Konsumsi kopi bisa mengurangi risiko seseorang terkena kanker payudara, endometris, prostat, dan hati. Sebuah temuan di Swedia pada tahun 2008 menemukan bahwa minum kopi tiga cangkir sehari bisa mengurangi risiko terkena kanker payudara. Selain itu, Edward Giovannucci seorang peneliti Harvard dalam penelitiannya yang dipublikasikan di "Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention" menyatakan bahwa kopi memiliki kandungan antioksidan yang lebih banyak daripada buah-buahan dan sayuran.

Mencegah Terkena Diabetes
Asalkan tidak menambahkan gula atau krim ke dalam kopi, kopi bisa mencegah seseorang terkena penyakit diabetes tipe 2. Sebuah laporan di "Journal of Agricultural & Food Chemistry" pada Januari 2012 lalu menyatakan bahwa efek dari kandungan dalam kopi bisa menghambat hIAPP, polipeptida yang bisa menyebabkan terjadi pembentukan serat protein yang tidak normal, yang biaa ditemukan di orang yang mengidap penyakit diabetes tipe 2.

Menurunkan Berat Badan
Selain itu, kopi bisa membantu Anda menjaga--atau bahkan menurunkan--berat badan Anda. Para peneliti juga menemukan bahwa biji kopi hijau yang dijadikan sebagai suplemen bisa membantu untuk menurunkan berat badan, yaitu sekitar 17 pon pada wanita gemuk selama 22 minggu. Namun, para peneliti meyakini bahwa yang bisa membantu untuk menurunkan berat badan bukan kandungan kafeinnya, tapi asam klorogenat yang bisa membantu mengurangi penyerapan glukosa.
Tag : kesehatan
Back To Top