Artikel Tentang Kesehatan, Tips dan Info Kesehatan

Benarkah pasta gigi bisa mengobati luka bakar ?



benarkah pasta gigi bisa mengatasi luka bakarTentunya Anda tahu yang namanya luka bakar bukan ? Banyak jenis luka bakar yang bisa saja dialami dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya pada saat mau mempersiapkan makan siang dan tanpa sengaja tiba-tiba tangan Anda terbakar saat memasak, ataupun disebabkan hal lainnya.

Pada saat ketika luka bakar ini terjadi, Anda sering kali merasa bingung dan panik bagaimana cara untuk mengatasinya. Luka bakar adalah jenis luka yang bisa sembuh dengan sendirinya, Tetapi umumnya memerlukan waktu yang agak lama.

Ada satu cara untuk mengatasi luka bakar yaitu dengan menggunakan pasta gigi. Pasta gigi dioleskan dipermukaan yang terkena luka bakar tentunya. Cara ini sering kali digunakan karena sudah disebarkan dari mulut ke mulut tanpa diketahui kebenarannya dan entah dimulai sejak kapan.

Apakah pasta gigi memang bisa mengobati luka bakar?


Jawabannya adalah tidak.
Pasta gigi  atau odol tidak pernah bisa mengobati luka bakar, namun sebagian orang percaya bahwa pasta gigi bisa dimanfaatkan untuk mengurangi sedikit rasa sakit yang disebabkan oleh luka bakar, serta mencegah agar luka tersebut semakin parah dan hal tersebut hanya berlaku secara sementara saja.

Perlu diketahui, bahwa tidak semua pasta gigi ternyata bisa digunakan untuk membantu menyembuhkan luka bakar. Terlebih dahulu, Anda harus tahu jenis luka bakar seperti apa yang dialami, dan seberapa besar tingkat keparahannya.

Berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda pergunakan untuk mengatasi luka bakar :

Pergunakan air dingin yang mengalir

Pertolongan pertama pada luka bakar dapat menggunakan air dingin yang mengalir dari kran. Bawalah luka bakar Anda ke tempat air yang mengalir, siramlah dengan air itu. Air yang dingin akan membantu menghentikan proses pembakaran dan rasa terbakarpun kemudian akan berkurang, dan setelah itu Anda bisa melanjutkan pada pengobatan selanjutnya.

artikel terkait : benarkah minyak ikan akan membuat tambah pintar ?

Lalu kapan pasta gigi bisa dipakai ?

Setelah luka bakar berhasil disiram dan rasa terbakar sudah berkurang oleh air, maka saat inilah pasta gigi dapat digunakan atau dioleskan karena pasta gigi ini sebenarnya berfungsi meringankan luka bakar.

Selain menurunkan rasa sakitnya, rasa dinginnya mencegah pembakaran semakin parah tetapi harap diperhatikan agar tidak mempergunakan pasta gigi yang rasa mint nya tinggi karena luka bakar akan terasa bertambah panas.

Ada benda sehari-hari yang sebaiknya tidak dioleskan pada luka bakar, karena bukannya meringankan malah akan memperparah dan memperburuk kondisi luka. Benda tersebut antara lain  pembalut, mentega, minyak atau lotion karena benda-benda tersebut akan membuat pori-pori tersumbat serta kulit tak bisa bernapas.

Gunakan gel khusus untuk luka bakar

Apabila luka bakarnya tidak terlalu parah, Anda bisa menggunakan gel khusus untuk luka bakar tersebut yang bisa diperoleh di toko-toko terdekat atau apotik. Apabila lukanya sangat parah, maka yang harus Anda lakukan adalah bergegas pergi ke dokter dan mendapatkan pertolongan dari para ahli secepatnya.

Dan sebaiknya sediakan obat-obatan seperti gel luka bakar di rumah sebagai bahan untuk pertolongan pertama, karena lebih baik sedia payung sebelum hujan bukan ?

Tag : kesehatan
Back To Top